Hari ini :

Kurikulum 2013, Sekolah di Berikan Peluang Secara Mandiri

Penulis Redaksi V1

Kurikulum 2013, Sekolah di Berikan Peluang Secara Mandiri ​Venomena.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan peluang bagi sekolah yang ingin menerapkan kurikulum 2013 secara mandiri. Peluang tersebut diberikan mengingat tahun 2013 ini, Kemendibud baru bisa mengimplementasikan pada 6.325 sekolah baik SD, SMP maupun SMA.

“Tidak menutup kemungkinan, sekolah di luar yang sudah ditunjuk untuk implementasi tahun ini berminat menerapkan kurikulum 2013 sesegera mungkin. Kami mempersilakan,” jelas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh, di Jakarta, Senin (10/06/2013).

Karena sifatnya mandiri, maka jelas Nuh, pelaksanaannya harus dibawah koordinasi pemerintah daerah. Mengingat dalam implementasi kurikulum 2013, sekolah membutuhkan biaya untuk pelatihan guru dan pengadaan buku-buku tematiknya.

Artinya bahwa anggaran pengadaan buku siswa dan guru ditanggung pemerintah daerah. Demikian juga pelatihan guru secara mandiri bisa dilakukan dengan anggaran Pemda dengan tetap berkoordinasi dengan Kemendibud untuk penyediaan instruktur pelatihan.

“Kita sudah kasih surat edaran kepada kepala dinas di seluruh Indonesia. Bahwa sekolah di luar implementasi yang ingin menerapkan kurikulum 2013 agar difasilitasi,” tambahnya.

Proses pendaftaran sekolah tersebut lanjut Nuh harus dilakukan oleh dinas pendidikan dengan memperhatikan berbagai persyaratan antara lain ketersediaan guru, akreditasi, dan waktu persiapan yang memadai.

Penerapan Kurikulum 2013 tahun ini dimulai untuk kelas I dan IV SD, kelas VII SMP, dan kelas X SMA/SMK.

Sekolah yang berminat, bisa mendaftarkan diri melalui website http://kurikulum.kemdikbud.go.id selambatnya 14 Juni 2013.

(Redaksi/ANH)

leave a comment

Share

Gunakan akun Facebook untuk komentar

A- A A+